free stats

9 Makanan Terbaik Sumber Vitamin A Pencegah Penyakit


3
3 points

Semenjak kecil kita selalu diajarkan betapa pentingnya mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, salah satunya berupa vitamin A.

Tapi jarang orang tahu bahwa vitamin yang larut dalam lemak tersebut memiliki banyak sekali fungsi dalam tubuh kita, sehingga jika kita mengalami defisiensi terhadapnya, maka gejala dan penyakit serius bisa berdatangan.

Sesaat setelah vitamin A tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka akan membantu sel-sel bereproduksi secara normal, terlibat dalam fungsi reproduksi yang sehat, serta membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio hingga janin.

Tapi asupannya yang berlebihan pun kurang begitu bagus bagi tubuh kita karena malah akan menciptakan efek sebaliknya, seperti terkena penyakit kuning, mual, kehilangan nafsu makan, lekas marah, muntah, hingga kerontokan rambut.

Menurut MayoClinic, kita disarankan untuk mendapatkan sekitar 900 microgram (mcg) vitamin A untuk pria, dan 700 microgram untuk wanita.

Maka dari itulah, biar tahu seberapa banyak yang kita butuhkan, maka ada baiknya untuk melihat beberapa makanan yang mengandung vitamin A terbaik berikut ini, semua hitungan ini dikutip dari MyFoodData.

Wortel (852 mg/100 gram)

Wortel menempati urutan perama sebagai sumber vitamin yang bisa kita dapatkan dari dalam sayuran dengan harga murah.

Bayangkan saja, kita bisa mendapatkan 852 microgram hanya dengan mengonsumsi 100 gram darinya, sehingga kita sudah mampu memenuhi sekitar 95% kebutuhan harian kita.

Tak ayal makanan yang difavoritkan oleh binatang kelinci ini dinobatkan sebagai sumber vitamin terbaik yang harus kita dapatkan setiap harinya.

Tapi bukan berarti kita harus mengonsumsinya sebanyak 100 gram secara bulat-bulat, melainkan bisa digabungkan dengan jenis makanan sumber vitamin A yang lainnya.


What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Nangis Nangis
1
Nangis
Lucu Lucu
0
Lucu
Biasa Biasa
1
Biasa
Ngantuk Ngantuk
0
Ngantuk
Geli Geli
0
Geli
Wow Wow
1
Wow
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Cinta Cinta
0
Cinta
Pak Dokter

Calon dokter yang berharap menjadi dokter beneran. Sering mengobati meskipun selalu disakiti.